Penajam Paser Utara, BSSN.go.id – Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Otorita Ibu Kota Nusantara di Hunian Pekerja Konstruksi Kawasan Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Selasa (8/8/2023).

Adapun kerja sama keamanan siber itu dituangkan dalam NK dan PKS yakni Nota Kesepahaman tentang Pelindungan Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Perjanjian Kerja Sama tentang Pemanfaatan Sertifikat Elektronik pada Sistem Elektronik di Otorita Ibu Kota Nusantara.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono mengatakan banyak sekali hal-hal yang akan dilakukan untuk investasi dan sebagainya. Salah satunya dengan mewujudkan prinsip dari lima branding IKN untuk menjadi smart city, green city, inclusive dan resilience dan suistanable.

“Resilience-nya ini merupakan ketahanan, yakni ketahanan digital. Sehingga perlu keamanan siber. Karena siber nanti akan dibantu oleh BSSN,” ujar Bambang.

Sementara itu, Kepala BSSN Hinsa Siburian mengatakan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama antara Badan Siber dan Sandi Negara dan Otorita Ibu Kota Nusantara dimaksudkan sebagai landasan untuk melakukan kerja sama saling menguntungkan dalam meningkatkan kualitas perlindungan informasi dan transaksi elektronik.

Hinsa pun menambahkan semakin tinggi tingkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, akan berbanding lurus dengan risiko dan ancaman keamanannya.

“Sehingga dibutuhkan keamanan siber yang merupakan upaya adaptif dan inovatif untuk melindungi seluruh lapisan ruang siber, termasuk aset informasi yang ada di dalamnya dari ancaman dan serangan siber, baik yang bersifat teknis maupun sosial,” tambahnya.

Hinsa berharap penandatanganan NK dan PKS antara BSSN dan Otorita IKN dapat meningkatkan sinergi dalam rangka meningkatkan keamanan siber di Indonesia.

Turut hadir pada penandatanganan tersebut Deputi Bidang Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi BSSN Dono Indarto, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi BSSN Dominggus Pakel, Juru Bicara BSSN Ariandi Putra, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN Berty B.W. Sumakud beserta tim BSSN.

 

Biro Hukum dan Komunikasi Publik BSSN ©2023