HONEYNET

PROFIL

Sejak tahun 2018, Badan Siber dan Sandi Negara mengembangkan sistem deteksi dini ancaman siber bekerja sama dengan Indonesia Honeynet Project. Jenis ancaman siber terbesar berbasis malicious software (malware). Salah satu perangkat deteksi Malware yang digunakan adalah Honeypot. Honeypot merupakan sistem replika yang dirancang memberikan interaksi yang sama dengan sistem asli sehingga penyerang tidak menyadari identitas dan teknik serangan yang dilakukan direkam oleh Honeypot sehingga informasi tersebut dapat ditabulasi menjadi sumber informasi penting dalam mempelajari jenis, pola dan teknik serangan siber. Mengingat data serangan yang dikumpulkan harus komprehensif maka beberapa Honeypot dibuat saling terhubung dalam sebuah sistem yang disebut Honeynet. Berikut dilampirkan beberapa tautan terkait Honeynet Project BSSN untuk diakses/diunduh bebas dan disebarluaskan kepada masyarakat.

LAPORAN TAHUNAN HONEYNET PROJECT TAHUN 2018

LAPORAN TAHUNAN HONEYNET PROJECT TAHUN 2019

LAPORAN TAHUNAN HONEYNET PROJECT TAHUN 2020

LAPORAN TAHUNAN HONEYNET PROJECT TAHUN 2021

LAPORAN TAHUNAN HONEYNET PROJECT TAHUN 2022

 

PETA SERANGAN SIBER

Hingga saat ini, Honeynet Project telah menggandeng berbagai entitas yang berasal dari sektor pemerintah, infrastruktur kritikal nasional dan akademisi yang tersebar di berbagai propinsi di seluruh Indonesia. Dimasa mendatang diharapkan semakin banyak mitra yang bergabung dengan Honeynet Project sehingga cakupan deteksi ancaman siber dapat mencapai ke seluruh sektor dan seluruh propinsi yang ada di Indonesia. Peta Serangan Siber bisa dilihat melalui tartan berikut.

PETA SERANGAN SIBER 

STANDAR, MAKLUMAT DAN KATALOG LAYANAN

Agar hasil kerjasama tersebut dapat diketahui dan dimanfaatkan secara meluas oleh berbagai kalangan, BSSN menerbitkan Laporan Tahunan Honeynet Project. Laporan tersebut berisi informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh BSSN dan IHP; summary report mengenai serangan siber yang terjadi di Indonesia; hasil pemantauan lalu-lintas dan deteksi serangan siber dan malware; analisis terhadap tiga malware terbanyak yang menyerang Indonesia; pengenalan layanan publik portal Honeynet; inovasi teknologi; serta penjelasan mengenai riset dan pengembangan Honeynet Project di Indonesia. Berikut standar dan maklumat serta katalog layanan Honeynet Project BSSN.

Standar dan Maklumat Layanan Honeynet Project

Katalog Layanan Honeynet Project BSSN

INDEKS SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT LAYANAN HONEYNET BSSN

Secara umum kualitas layanan Honeynet BSSN Tahun 2021 dipersepsikan Memuaskan oleh pengguna layanan Honeynet BSSN. Hal tersebut terlihat dari hasil Survei Kepuasan Layanan Honeynet yang berkisar di antara 76,61 – 88,30.

Survei kepuasan layanan honeynet yang diperoleh dari 9 unsur pelayanan berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik mendapatkan nilai sebesar 85,4175.

Keseluruhan unsur menunjukkan hasil yang Memuaskan dengan nilai rata- rata indeks di antara 3,26-4,00. Nilai ratarata indeks semua unsur pelayanan adalah 3,4167. Hal tersebut menunjukkan layanan Honeynet BSSN secara keseluruhan Memuaskan.

HASIL EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2021 LINGKUP KEMENTERIAN/LEMBAGA

Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) selaku evaluator memberikan predikat A- kepada Layanan Honeynet. Hasil penilaian ini disampaikan oleh Diah Natalisa selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB pada hari Selasa, 8 Maret 2022 pada acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik di Lingkup K/L/D Tahun 2021.

HUBUNGI KAMI

Honeynet BSSN